Main Mudah Belanja, QRIS Bakal Diperluas ke Korsel

Bank Indonesia (BI) akan terus memperluas interkoneksi QRIS agar dapat dipakai di lebih banyak negara. Yang disebut ada Korsel, UEA dan Tiongkok.

Baca Juga: Samsung Sokong Korsel Bangun Pabrik Chip Terbesar Dunia

Sejauh ini sistem pembayaran melalui kode QR itu telah diterapkan di Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Deputi Gubernur BI Fillianingsih Hendarta mengatakan saat ini QRIS sedang dipersiapkan agar bisa digunakan di Korea Selatan (Korsel), Uni Emirat Arab (UEA), dan China. Diharapkan implementasi tersebut bisa dilakukan di 2024.

“Kita sudah ada pembicaraan, pihak Korea sedang mendalami. Demikian juga dengan UEA dan China sudah ada pembicaraan. Setelah kita MoU antar bank sentral, ada MoU antara industri, nanti di situ ada ASPI-nya, ada switching-nya, lalu pengembangan interlinking, setelah itu uji coba sandbox dan setelah itu implementasi,” kata Filli dalam unggahan di Instagram resmi @bank_indonesia, Jumat, 16 Februari 2024.

Baca Juga: Hyundai Tempel Suzuki-Mitsubishi di Mobil Terlaris Januari 2023

“Mudah-mudahan kita di tahun 2024 ini bisa implementasi untuk hal-hal tersebut,” tambahnya.

Filli menyebut transaksi dari implementasi QRIS lintas negara terus mengalami peningkatan. Transaksi itu terutama terjadi di daerah-daerah wisata dan bisnis.

Khusus di Singapura yang diimplementasikan sejak 17 November 2023, jika dilihat inbound secara volume pertumbuhannya mencapai 261% (month to month/MTM) dan secara nominal tumbuh 342% (MTM).

“Jadi artinya banyak juga turis Singapura yang datang ke Indonesia dan menggunakan QRIS utamanya di Batam, Bintan dan juga Jakarta,” bebernya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *