Samsung Hanya Cuan Rp6,8 Triliun, Terendah dalam 14 Tahun

Samsung diperkirakan akan mencatatkan laporan keuangan yang tidak baik, dengan cuan perkuartal turun 96% dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya, yaitu pada Q1 2022.

Keuntungan ini lebih buruk dari catatan kuartal sebelumnya yang sudah terbilang buruk, yaitu turun dua pertiga dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Baca Juga: Samsung Janji Semua Bahan Plastik di Ponsel Galaxy Pakai Daur Ulang

Bahkan penjualan seri Galaxy S23 yang terbilang memuaskan tetap tak bisa mendongkrak kinerja keuangan Samsung ini.

Penyebab utamanya adalah permintaan chip yang terus memburuk. Kontras dengan permintaan chip yang melesat saat pandemi, kini permintaannya anjlok karena kondisi ekonomi global yang memburuk, yang membuat konsumen menahan niat membeli perangkat baru.

Hanya saja yang perlu diingat, meski pemasukannya ini merosot drastis, angkanya masih sangat besar. Keuntungan operasional Samsung diperkirakan akan mencapai 600 miliar won, sekitar USD 456 juta atau Rp 6,8 triliun.

Ini keuntungan operasional Samsung yang terendah dalam 14 tahun terakhir. Sangat jauh dibanding keuntungan mereka pada Q1 2022 yang mencapai 14,12 triliun won, atau sekitar USD 10,7 miliar.

Untuk menghadapi kondisi keuangan ini, Samsung akan memotong produksi chip memori sampai level tertentu untuk mengatasi masalah pasokan yang terlalu besar.

Baca Juga: Laba Samsung dari Chip Catat Rekor Terburuk

“Kami akan mengurangi jumlah rencana produksi dalam jangka waktu singkat, namun kami memproyeksikan permintaan yang solid dalam jangka waktu menengah ke panjang, kami akan terus berinvestasi ke infrastruktur dan mengekspansi investasi riset dan pengembangan kepemimpinan di teknologi,” tulis Samsung dalam pernyataannya dilansir dari The Verge, Minggu (9/4/2023).

Seperti ditulis di atas, penjualan seri Galaxy S23 adalah salah satu hal positif selama Q1 2023. Menurut Kim Kwangjin, analis dari Hanwha Investment & Securities, penjualannya mencapai 11 juta unit, naik 50% dibanding penjualan S22 dalam periode yang sama setahun sebelumnya.

Laporan keuangan Samsung yang final akan dirilis dalam beberapa minggu ke depan, namun angkanya tak akan terpaut jauh dengan estimasi yang dirilis ini.

Foto: The Korea Herald

(Ag/Ag)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *