Selain Honda, Berikut Produsen yang Siap Membesut Mobil Listrik di Indonesia

Belum lama kita mendengar, Honda akan membangun pabrik mobil listrik di Indonesia. Tampaknya, pabrikan Jepang ini akan diikuti produsen lainnya. Semakin menunjukkan potensi besar Indonesia sebagai negara yang ramah investasi ramah lingkungan.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa Honda, akan menambah investasi di Indonesia sebesar Rp 5,2 triliun. Tak hanya itu, kabar baiknya Honda juga akan memindahkan (merelokasi) pabriknya dari India ke Indonesia.

Baca Juga: Honda Putuskan Relokasi dari India dan Buat Mobil Listrik di Indonesia

Lantas, pabrikan apa saja selain Honda yang telah menyatakan ketertarikan itu? Berikut daftarnya.

1. Mitsubishi

Agus mengungkapkan bahwa Mitsubishi telah menyiapkan dana yang cukup besar dalam investasi terbarunya di Indonesia itu.

“Mitsubishi memberikan komitmen pada kita bahwa akhir 2025 mereka akan menambah investasi Rp 11,2 triliun. Dimana akan terjadi peningkatan kapasitas yang tadinya 220 ribu unit ada peningkatan kapasitas jadi 250 ribu,” kata Agus dalam konferensi pers virtual, Rabu, 10 Maret 2021.

Peningkatan kapasitas itu karena principal Mitsubishi di Jepang juga menyetujui bahwa ada penambahan negara tujuan ekspor mobil asal Indonesia. Saat ini, pabrikan Mitsubishi Indonesia telah melakukan ekspor ke 30 negara, bakal bertambah 9 negara sehingga menjadi 39 negara.

2. Toyota

Masih pada kesempatan yang sama, Toyota dikatakan Agus, siap untuk memasukkan dana Rp 22 triliun untuk pengembangan produksi ke depan.

“Mengenai investasi kita harapkan sebesar-besarnya, kemarin pertemuan kami dengan Toyota, berkali-kali ketemu Toyota sebelumnya dan besok akan ketemu kembali. Mereka sudah memberi komitmen untuk berinvestasi Rp 22 triliun sampai 2025, jadi kita akan coba sebanyak-banyaknya menarik investasi untuk memperkuat ekonomi kita,” ujar Agus. 

Baca Juga: Penjualan Mobil Listrik Makin Menggila di Eropa, Membuat Mobil BBM Tidak Laku

3. Mazda

Masih dari Agus, di kesempatan berbeda, ternyata Mazda juga sempat menjadi target rayuan Indonesia dalam berinvestasi. Mengingat produsen asal Hiroshima, Jepang ini tidak memiliki fasilitas produksi di Indonesia.

“Pada pertemuan dengan Mazda memang Mazda selama ini memang belum mempunyai pabrik di Indonesia, dan memang upaya kami untuk mendorong agar mereka sesegera mungkin bisa melakukan investasi ke Indonesia,” papar Agus dalam konferensi pers virtual, Kamis, 11 Maret 2021.

Untuk itu pihak menperin mencoba meyakinkan Mazda dengan kondisi pasar Indoesia yang sangat besar dan potensial.

“Kita meyakinkan Mazda bahwa market Indonesia itu sangat besar, bahwa rasio kepemilikan kendaraan di Indonesia masih terlalu kecil, artinya potensi untuk investor masuk masih sangat baik,” katanya.

Baca Juga: Hyundai Motor Perkenakan SUV Listrik Ioniq 5

4. Hyundai

Berbeda dengan 3 produsen dari Jepang, Hyundai telah membangun fasilitas produksi mobil listrik seluas 77,6 hektare di Bekasi, Jawa Barat.

Lokasi pabrik otomotif asal Korea Selatan ini berada di Delta Mas Cikarang. Progresnya sekitar 65 persen. Sesuai rencana, pada akhir tahun 2022 pabrik mulai bisa memproduksi lokal mobil Hyundai di Indonesia.

Foto: GridOto.com

(Ag/Ag)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *