Shin Tae-yong dan Park Hang-seo Ramaikan Bursa Pelatih Korsel

Dua sosok pelatih sepak bola Korea Selatan, Shin Tae-yong dan Park Hang-seo ramai dibicakan sebagai sosok pengganti Jurgen Klinsmann, Pelatih Kepala yang dipecat.

Klinsmann dipecat menyusul hasil buruk di Piala Asia 2023. Dia sendiri ditunjuk sebagai pelatih Korsel pada 27 Februari 2023 menggantikan Paulo Bento, dan dikontrak hingga Piala Dunia 2026. 

Baca Juga: Berakhirnya Jimat Zombie Saat Korsel Tersingkir di Piala Asia

Menurut catatan Tribun, nama Shin Tae-yong dan Park Hang-seo menjadi beberapa kandidat yang sering disebut-sebut media negara setempat. Namun, kedua sosok ini sepertinya punya pendekatan yang berbeda dalam menanggapi situasi tersebut.

Shin Tae-yong (STY) nampaknya masih tenang-tenang saja dengan adanya posisi kosong di kursi pelatih timnas Korea Selatan. STY masih fokus bersama Timnas Indonesia yang sudah ditanganinya sekira empat tahun.

Ia berhasil membawa Timnas Indonesia ke level selanjutnya dalam hal berkompetisi. Buktinya, ia mengawal Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Sudah sangat lama sejak kali terakhir Indonesia lolos ke turnamen empat tahunan itu.

Berkat tangan dingin STY, Garuda punya peluang merasakan atmosfernya. Bahkan, Timnas Indonesia sukses melangkah ke babak 16 besar. Dengan prestasi itu, STY disebut-sebut bakal diunggulkan dalam pemilihan bursa pelatih.

Apalagi ia juga punya pengalaman menangani tim nasional Korea Selatan. Namun dengan minimnya sambutan dari sang pelatih, bukan tak mungkin STY masih betah menangani Timnas Indonesia.

Baca Juga: Garuda Pulangkan The Golden Star, Ini Kata Pelatih Vietnam

Sebaliknya, sosok Park Hang-seo nampak lebih aktif. Baru-baru ini, ia mengunjungi mantan tim yang pernah ia tangani di Liga Korea Selatan. Dikutip dari The Thao, Park Hang-seo mengunjungi tim Changwon FC. Memang sebelum menangani Vietnam, Park Hang-seo merupakan pelatih tim tersebut.

Dalam kunjungannya kali ini, Park Hang-seo mengaku punya misi besar. Ia terlibat dalam pembicaraan pembangunan dan perkembangan tim Changwon FC ke depannya. Kedatangan Park Hang-seo disambut suka cita oleh Wali Kota Changwon.

“Terima kasih kepada pelatih Park Hang-seo yang telah mengunjungi Changwon City. Kami akan mengawal Changwon FC agar menjadi tim yang terus berkembang dan berinteraksi dengan orang-orang. Harapannya, tim bisa mendapatkan hasil baik ke depannya,” ungkap sang Wali Kota.

Memang tak ada kaitan langsung antara kunjungan Park Hang-seo ke mantan klubnya dengan lowongnya kursi pelatih Korea Selatan. Namun ia bisa saja sedang menggalang dukungan dari bawah untuk bisa menjadi penerus Klinsmann.

Ditambah lagi sosok Park dipandang baik pula oleh para pemangku kepentingan sepak bola Korea Selatan. Pencapaiannya bersama Vietnam selama lima tahun terakhir tak bisa dipandang sebelah mata.

Foto: Bolablangkon

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *